| Kafein Berhubungan Dengan Berkurangnya Fibrosis Hati |
|
|
|
| Tuesday, 26 January 2010 | |
|
Dua-cangkir-plus tampak seperti di ambang pintu, para peneliti yang melaporkan dalam Hepatology edisi Januari. "Dengan mengumpulkan data tentang peran yang menguntungkan dari kafein pada kopi bagi penyakit hati, serta yang mendukung data in vitro, sekarang mungkin waktu untuk mempertimbangkan studi yang prospektif akan kopi atau kafein pada fibrogenesis hati," catat mereka. Minum kopi telah berhubungan dengan berkurangnya perkembangan penyakit hati, tetapi Hoofnagle dan rekannya mencatat bahwa tidak ada seorang pun yakin apakah kopi atau kafein merupakan pendorong utama, atau apakah hanya untuk fibrosis hati secara khusus yang terpengaruh. Untuk menyelidiki masalah ini, para peneliti mengamati 177 pasien yang menjalani biopsi hati untuk menentukan konsumsi kafein mereka dari makanan dan minuman yang dirancang khusus menggunakan kuesioner pada frekuensi makanan. Hasil biopsi menunjukkan bahwa 69% tidak atau fibrosis ringan dan sisanya telah bridging fibrosis atau sirosis. Hasil survei mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, 71% dari kafein yang dikonsumsi berasal dari kopi biasa. Konsumsi kafein harian yang berkisar mulai dari 0 sampai 1.028 mg (rata-rata 195 mg, setara dengan sekitar 1,4 cangkir kopi), dan secara signifikan lebih besar pada pasien dengan nilai fibrosis yang kurang berat (212 berbanding 154 mg,. Setelah penyesuaian untuk faktor-faktor diketahui dapat mempengaruhi fibrosis, termasuk usia, jenis kelamin, ras, penyakit hati, indeks massa tubuh, dan asupan alkohol, konsumsi kafein sehari-hari di atas 75 persen (308 mg) dikaitkan dengan penurunan risiko perkembangan fibrosis Efek perlindungan yang jelas bahkan lebih kuat di antara pasien dengan infeksi HCV (OR 0,19, 95% CI 0,05-0,66). Kafein dari kopi muncul menjadi pendorong utama dari hubungan ini, tanpa ada hubungan yang signifikan antara fibrosis dan konsumsi kafein dari sumber lain. Pasien dengan konsumsi kafein yang lebih besar juga memiliki perbaikan pada langkah-langkah lain, termasuk rendahnya aspartat aminotransferase, alkali fosfatase, dan bilirubin langsung, dan tingkat yang lebih tinggi akan serum albumin Walaupun tidak jelas bagaimana kafein dapat bekerja dalam hal ini, para peneliti mengutip bukti bahwa hal itu mungkin melalui mekanisme antifibrogenic langsung. Penelitian pada hewan dan penyelidikan pada garis sel hepatoma manusia telah menunjukkan bahwa kopi dan beberapa komponen utamanya, termasuk kafein, dapat mengubah ekspresi dan aktivitas enzim-enzim yang terlibat dalam metabolisme xenobiotic, kata mereka. Kafein juga telah dilaporkan menghambat faktor pertumbuhan garis sel beta, mereka mencatat, bahwa "penjelasan yang menarik untuk efek antifibrogenic dihubungkan dengan kafein." Para penulis mencatat bahwa karena ini adalah studi cross-sectional, kausalitas tidak dapat ditentukan dan tidak adanya faktor pembaur yang dapat memainkan peran. Sebagai contoh, mereka mencatat, "pasien dengan fibrosis hati yang lebih berkembang mungkin telah mengurangi asupan kafein mereka karena anggapan bahwa kafein mungkin tidak baik untuk kesehatan mereka." "kafein dimetabolisme oleh hati, dan karena itu juga mungkin bahwa sebagai fungsi hepatik yang memburuk, pasien mungkin memiliki lebih sedikit kafein yang diperlukan untuk mencapai efek fisiologis yang sama, dan membimbing mereka untuk mengurangi asupan mereka dari waktu ke waktu." Mereka juga menunjukkan bahwa penelitian ini tidak memperhitungkan "faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi konsumsi kafein seperti status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan penggunaan narkoba." |
|
| Terakhir diperbaharui ( Tuesday, 26 January 2010 ) |
| < Sebelumnya | Selanjutnya > |
|---|








Kafein Berhubungan Dengan Berkurangnya Fibrosis Hati